Multimedia


Sejarah Multimedia


Istilah multimedia berawal dari teatre, bukan komputer, pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang lebih kaya daripada media tabel dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar 3 dimensi, foto video bergerak, animasi dan mendengar suara stereo. Output multimedia sekarang inikita jumpai dimana-manaantara lain cover majalah, video game film dll. Selain itu pula multimedia digunakan sebagai alat untuk meningkatkan bersaing. Secara umum multimedia merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks, definisi lain dari multimedia, yaitu dengan menempatkanya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh hofstter(2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi). Dalam definisi ini terdata elemen penting multimedia yaitu
  • Harus ada komputer yang mengkordinasikan apa yang dilihat dan didengar
  • Harus ada link menghubungkan kita dengan informasi
  • Harus ada alat nafigasi yang membantu kita
  • Menyediakan tempat bagi kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi.
Disini penulis merangkum yang bersumber dari buku :
Suyanto M“Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing”, Penerbit andi. Yogyakarta 2003.




Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang
berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.


Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer
mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah
kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software
Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry
Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu






JENIS-JENIS MULTIMEDIA


JENIS-JENIS MULTIMEDIA
A.PEMBAHASAN
a.multimedia kits
adalah kumpulan pengajaran ?bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
yang termasuk diantaranya yaitu:CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD
tujuan:untuk presentasi dio kelas
Keunggulan:
multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik
kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil
kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik)
b.HYPERMEDIA
dokumen berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
c.MEDIA INTERAKTIF
Sistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif
Keunggulan
beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan
d.virtual realitas
adalah media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata
Keunggulan
untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan
B.INTI DISKUSI
PERTANYAAAN
1.Bagaimana peran multimedia dalam pembelajaran?
jawab:
peran multimedia dalam pembelajaran adalah sangat membantu siswa dalam menangkap dan menerima pembelajaran karena dengan pembelajaran tersebut ditanyaan effekl yang itu bisa berupa animasi maupun effek suara yang lebih menngena pada peseta didik
2.Bagaimana peran multimedia dalam untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut
jawab:
sebagai teknolo pendidikan yang nantinya akan membangun pendidikan dengan membut multimedia yang akan diratakan pada setiap sekolah-sekolah
3.beri penjelasan pada setiap sub yang dipresentasiakn disertai dengan contohnya
Jawab:
multimedio kits conohnya penggunaan power point di sekolah
hepermedia contohnya pengguanaan link yang diamlamnya bisa diakses gambar ataupun web



Created By. Nurfadhilah Fitrah